Provokasi…..

Dahulu saat aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar, kami (aku dan teman-temanku) para anak kecil begitu malu saat melihat adegan “ciuman di televisi”. Padahal saat itu yang kami tonton adalah acara film anak-anak atau film kartun yang mencium pipi temen wanitanya.. hmmm, bahkan aku masih ingat, jika kami kebetulan melihat adegan cium pipi itu, kami cepat-cepat menutup wajah kami, atau merasa begitu kelincutan dan malu. Ya, itu dulu…

Dahulu, saat aku masih usia Sekolah Dasar, aku sangat jarang melihat tontonan film orang-orang dewasa di bawah pukul 9 malam. Mungkin karena stasiun televisi belum marak Indahnya dengan berbagai macam tayangannya. Aku merasa begitu ‘aman’ saat menikmati tayangan televisi sebab film ‘bermutu’ dan ‘mendidik’ justru ada. Seperti telenovela yang mengangkat isu perbudakan, atau film OSHIN yg melegenda, ORIN yang mendidik..

Itu dahulu….Banyak yang mengingatkanku akhir-akhir ini. Tentang betapa sehatnya masa kecil ku. Paling tidak, isu-isu percintaan lawan jenis, dikemas dengan begitu sangat halus, tidak vulgar. Bahkan aku masih sangat menikmati lagu anak-anak yang begitu manis, mendidik dan gampang di lantunkan. Sekali lagi itu DULU.

Sekarang sangat jauh berbeda. Aku merasa begitu gerah setiap kali melihat sinetron-sinetron, film remaja maupun anak-anak. Bagaimana tidak? Anak-anak Sekolah Dasar sudah sangat tahu apa itu ‘pacaran’. Anak-anak Sekolah Dasar sudah di provokasi tentang pergaulan lawan jenis, para remaja tanggung sudah dibujuk dengan tontonan penuh mimpi. Film-film dewasa sudah berani ditayangkan di bawah jam 9 malam, bahkan ada yang menayangkannya pada siang hari. Hal ini membuktikan bahwa ada yang memanfaatkan masa ranum remaja sebagai komoditi hiburan, ada yang memanfaatkan rasa cinta sebagai tema paling laris untuk semua usia.

  1. I like this post very much, wish you can write more about this.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: